Bunga Deposito Bank BRI, Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Modana.id, Perbankan — ‘Bunga Deposito Bank BRI’. Daripada menyimpan uang secara langsung dan selalu mendapatkan potongan biaya setiap bulannya. Lebih baik menggunakan sistem penyimpanan deposito BRI. Kenapa?

Karena bunga deposito Bank BRI cukup tinggi jika Anda bandingkan dengan yang lain. Jadi dengan hanya menyimpan dana saja bisa mendapatkan keuntungan dengan jangka waktu tertentu.

Biasanya bunga deposito Bank BRI ini bervariasi dan tergantung dengan paket yang Anda ambil serta jumlah dana yang akan Anda simpan.

Berapa Bunga Deposito Bank BRI?

Bunga yang akan diberikan oleh BRI untuk penyimpanan deposito sebenarnya bervariasi. Pada tahun 2022 bunganya mulai dari 2,3% sampai 2,85% per tahun.

Bukan ini cenderung lebih kecil apabila Anda bandingkan tahun sebelumnya yang besarnya bisa sampai 3%. Kemungkinan besar penurunan ini terjadi karena ada imbas penurunan ekonomi akibat dampak Covid-19.

Perlu Anda ingat jika besaran bunga itu ditentukan dengan jumlah simpanan yang nantinya akan dilakukan. Semakin besar simpanannya maka bunga yang akan pihak bank terapkan juga akan semakin tinggi.

Selain itu semakin lama waktu penyimpanannya juga akan berdampak pada tingginya bunga yang akan merkeka berikan.

Jadi harus benar-benar memikirkan hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan proses pengajuan.

Simulasi Penerapan Bunga

Katakanlah Anda ingin menyimpan uang sebesar Rp 100 juta. Proses penyimpanan ini Anda lakukan selama 12 bulan atau 1 tahun. Bunga yang nantinya akan pihak bank terapkan sebesar 2,85%.

Berarti setelah 1 tahun akan mendapatkan bunga sebesar Rp 2,85 juta. Nantinya bunga ini akan dipotong dengan pajak deposito sebesar 20%.

Apabila proses penyimpanan berjalan selama 3 tahun atau 36 bulan. Berarti akan ada kenaikan pada bunga. Sehingga apa yang Anda dapatkan akan lebih besar dari itu.

Pastikan terlebih dahulu untuk menyiapkan dana yang cukup karena biasanya akan ada syarat minimal sebesar Rp10 juta.

Syarat Buka Deposito Bank BRI

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum memutuskan untuk membuka deposito Bank BRI.

1. Punya Rekening BRI

Syarat pertama yang harus Anda penuhi apabila ingin membuka deposito di bank BRI adalah mempunyai rekening. Apabila anda sudah memiliki rekening sebelumnya tetapi belum memiliki saldo bisa langsung Anda isi.

Apabila belum pernah memiliki rekening sebelumnya bisa langsung datang ke bank BRI terdekat yang ada di kota. Setelah itu bisa langsung mengajukan pembuatan rekening dengan tujuan tertentu.

Kata kalah pada pihak bank jika rekening itu akan dibuka untuk membuat deposito. Nanti akan diarahkan untuk membuat rekening jenis tertentu yang sesuai dengan kebijakan.

2. Melakukan Setoran Awal

Setelah membuka rekening atau memiliki rekening tahap selanjutnya adalah dengan melakukan setoran awal. Setoran awal ini sangat penting untuk Anda lakukan agar bisa membuka rekening deposito dengan mudah.

Bank BRI memberikan syarat pembukaan rekening awal untuk deposito sebesar Rp10 juta. Apabila sudah membuka rekening lebih dari itu maka bisa langsung Anda manfaatkan saat itu juga sesuai dengan kebutuhan.

Berapa orang biasanya akan langsung menggunakan rekening yang sudah tersedia dan beberapa saldo yang ada di dalamnya. Jadi tidak perlu melakukan proses setoran awal terlebih dahulu.

3. Mengisi Berkas Pengajuan

Proses pengisian berkas harus Anda lakukan saat itu juga. Proses pengisian berkas ini sangat penting untuk Anda perhatikan agar proses pengajuan bisa Anda lakukan dengan mudah.

Jadi minta formulir secara langsung pada pihak BRI. Selanjutnya mereka akan meminta anda untuk mengisi sesuai dengan data-data yang sudah diminta di sana.

4. Memilih Jangka Waktu

Hal terpenting ketika akan membuka rekening deposito dan mendapatkan bunga deposito Bank BRI adalah tenor. Anda bisa menentukan sendiri kira-kira seberapa besar jangka waktu yang Anda inginkan.

Jangka waktu yang pihak bank berikan biasanya bervariasi mulai dari satu bulan dan maksimal sampai 36 bulan.

Dengan jangka waktu yang bervariasi ini Anda bisa memilih mana saja yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Apabila dananya tidak akan Anda gunakan dalam waktu dekat. Berarti bisa Anda simpan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sebaliknya apabila dana itu mungkin akan segera Anda gunakan bisa memilih yang jangka waktunya lebih pendek.

5. Membawa Berkas Pendukung

Membawa beberapa berkas pendukung lainnya yang akan diminta oleh pihak BRI.

Berkas pendukung ini biasanya berhubungan dengan identitas seperti KTP ataupun beberapa berkas lainnya seperti NPWP hingga SIM.

Kemungkinan besar ada beberapa berkas yang harus Anda siapkan sehingga daripada bolak-balik lebih baik langsung Anda bawa semuanya. Jadi begitu mengurus ke bank akan langsung selesai dan bisa Anda gunakan.

Dengan menyiapkan semua persyaratan tersebut bunga deposito Bank BRI bisa langsung Anda manfaatkan. Daripastikan untuk menyiapkan modal yang cukup dan Anda simpan dalam jangka waktu yang Anda inginkan.

Keuntungan Membuka Deposito Bank BRI

Terdapat beberapa keuntungan yang Anda dapatkan apabila membuka rekening deposito Bank BRI. Berikut keuntungan selengkapnya.

1. Bisa Perpanjang Tenor Otomatis

Keuntungan pertama yang Anda dapatkan apabila menggunakan deposito Bank BRI adalah bisa melakukan perpanjangan tenor secara otomatis.

Artinya apabila tenor yang Anda miliki sebesar 6 bulan dan jika lebih dari itu dan tidak Anda ambil maka akan diperpanjang.

Artinya apabila teknologi perpanjang jumlah bunga yang nantinya akan Anda dapatkan semakin tinggi. Ini cocok sekali untuk mereka yang awalnya memiliki jangka waktu kecil tetapi jadi panjang karena dana sedang tidak Anda butuhkan.

2. Memilih Tenor Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya adalah bisa memilih tenor yang sesuai dengan kebutuhan.

Panjangnya tenor yang nantinya akan diberikan bervariasi mulai dari yang paling kecil adalah 1 bulan selanjutnya akan menjadi 6, 12, 24, dan 36 bulan.

Dengan jangka waktu ataupun tenor yang sangat panjang ini maka Anda bisa memilih kira-kira mana yang akan Anda gunakan. Semakin besar tenor yang Anda pilih maka bunga yang Anda dapatkan juga akan tinggi.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa bunga yang nantinya pihak bank berikan akan terkena pajak sebesar 20% terlebih dahulu.

3. Tanpa Biaya Admin

Apabila membuka rekening deposito yang dikhususkan untuk rupiah di bank BRI kemungkinan besar tidak akan terkena biaya admin sama sekali.

Biaya yang nantinya pihak bank terapkan kemungkinan besar hanya dalam bentuk bunga saja. Selebihnya tidak akan ada biaya tambahan yang akan mereka minta.

4. Bebas Meletakkan Dana dan Setor

Anda akan bebas untuk meletakkan dana ketika melakukan proses setoran. Dana yang nantinya pihak bank letakkan ini bisa Anda lakukan pada rekening pribadi yang ada pada BRI atau bisa juga pada rekening kliring yang lain.

Jadi proses deposito bisa berjalan dengan lebih mudah dan juga cepat. Apabila tenornya sudah habis baru akan mendapatkan bunga yang Anda setor secara langsung ke rekening tersebut.

5. Aman dari Kejahatan

Selanjutnya adalah masalah keamanan yang akan Anda miliki apabila membuka rekening deposito.

Jadi selain mendapatkan bunga deposito Bank BRI yang jumlahnya cukup besar, nantinya rekening juga akan sangat aman dari tindak kejahatan.

Bahkan tidak akan mengalami penurunan jumlah dari rekening yang sudah Anda setorkan. Artinya sudah dipastikan akan mendapatkan keuntungan.

Bunga deposito Bank BRI menjadi salah satu acuan apabila ingin menyimpan uang dalam jumlah banyak pada bank.

Jadi perhatikan kira-kira akan menyimpan dalam jangka waktu berapa lama agar mendapatkan bunga yang Anda inginkan.

Penutup

Selain itu perhatikan dengan baik jika deposito ini merupakan salah satu pinjaman berjangka yang tidak bisa Anda ambil jika jangka waktunya belum selesai.

Jadi pilih jangka waktu yang paling sesuai agar jika sewaktu-waktu butuh bisa Anda ambil.

Tinggalkan komentar

close