Cara Kredit Motor di Pegadaian (Syarat dan Ketentuannya)

RPGames.id, Kredit — Pegadaian menyediakan layanan kredit motor sebagai solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan motor guna menjalankan aktivitas sehari-hari.

Motor kini menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang, sehingga tidak heran jika masyarakat banyak yang minat mengetahui cara kredit motor di Pegadaian.

Jika Anda berniat untuk upgrade kendaraan, namun terkendala biaya, maka solusi terbaiknya dengan menggunakan layanan kredit motor dari Pegadaian.

Untuk masalah syarat dan ketentuan yang diberikan juga mudah sesuai dengan informasi lengkap yang tersedia di bawah ini.

Sekilas Tentang Kredit Motor di Pegadaian

Sekilas Tentang Kredit Motor melalui PegadaianSekilas Tentang Kredit Motor melalui Pegadaian
Sekilas Tentang Kredit Motor

Perlu Anda ketahui, kredit motor via Pegadaian merupakan salah satu cara cicil motor layaknya melalui perantara leasing.

Namun, Pegadaian menawarkan banyak keuntungan bagi masyarakat yang berminat menggunakan layanan kredit motor tersebut dengan syarat dan ketentuan yang mudah.

Cicil motor lewat Pegadaian juga membutuhkan uang muka yang sangat terjangkau yaitu sekitar 10% dari harga total.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan tenor kredit motor mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan sampai dengan 36 bulan. Tertarik kredit motor bersama Pegadaian?

Ketahui Berbagai Syarat dan Ketentuan Kredit Motor Lewat Pegadaian

Sebelum membahas cara kredit motor via Pegadaian, maka Anda harus mengetahui berbagai syarat dan ketentuan untuk mengajukan kredit motor.

Pastikan memenuhi syarat yang admin sebutkan berikut ini sebelum mencoba layanan kredit motor yang dikeluarkan oleh Pegadaian.

1. Status Sebagai Pegawai Tetap

Siapapun yang ingin menggunakan layanan kredit motor harus memenuhi persyaratan menjadi pegawai tetap pada sebuah instansi pemerintahan.

Selain itu, Anda yang mengajukan kredit motor setidaknya sudah bekerja selama 2 tahun pada suatu instansi tersebut.

Persyaratan ini sifatnya mutlak karena pihak Pegadaian selalu mempertimbangkan permohonan cicilan motor yang Anda ajukan.

Pihak Pegadaian akan benar-benar memastikan bahwa pengguna mampu membayar angsuran secara rutin kedepannya.

2. Berusia 21 Tahun

Selain memperhatikan status kepegawaian, Anda yang ingin menggunakan layanan kredit motor ini harus sudah berusia 21 tahun.

Hal ini karena usia 21 tahun sudah memiliki kemampuan untuk mengemban tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan cicilan motor.

Terkadang orang yang berpenghasilan tetap saja belum tentu bisa memenuhi tanggung jawab cicilan sesuai dengan kesepakatan.

Oleh sebab itu, Pegadaian tidak ingin ambil risiko untuk memperbolehkan kreditur dibawah usia 21 tahun.

3. Sudah Memiliki Tempat Tinggal

Ketika ingin mengajukan cicilan motor via Pegadaian, maka Anda juga harus memenuhi persyaratan sudah memiliki tempat tinggal.

Tujuannya untuk memudahkan setiap perusahaan dalam memproses permohonan cicilan guna mencegah terjadinya cicilan macet kedepannya.

Persyaratan ini juga pihak Pegadaian butuhkan untuk memberikan peringatan bagi kreditur yang kemungkinan tidak membayarkan tagihan.

Biasanya pihak Pegadaian akan memberikan surat peringatan yang mereka tujukan pada alamat perusahaan atau tempat tinggal kreditur.

4. Menyiapkan Fotokopi Surat Rekomendasi Atasan

Selain itu, Anda juga harus memenuhi persyaratan memiliki surat rekomendasi langsung dari atasan.

Tujuan pihak Pegadaian memberikan persyaratan ini yaitu untuk memastikan bahwa Anda benar-benar bekerja sebagai karyawan pada suatu perusahaan.

Begini Cara Kredit Motor via Pegadaian Tanpa Ribet

Setelah memenuhi semua persyaratan yang sudah admin jelaskan sebelumnya, maka Anda bisa melakukan kredit motor dengan mengunjungi kantor Pegadaian terdekat.

Ikuti panduan yang ada berikut ini untuk mempermudah proses kredit motor berjalan dengan lancar dan aman.

1. Melengkapi Semua Dokumen

Selain harus memenuhi segala ketentuan yang admin jelaskan sebelumnya, Anda juga perlu melengkapi beberapa dokumen penting.

Dokumen yang Anda butuhkan untuk kredit motor lewat Pegadaian yaitu fotokopi KK, fotokopi KTP, slip gaji 2 bulan, NPWP, dan persyaratan lainnya.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Pengajuan permohonan kredit motor, baik melalui Pegadaian Syariah ataupun Pegadaian Umum pastinya tetap diwajibkan untuk mengisi formulir kesepakatan.

Formulir tersebut akan menjadi bukti bahwa Anda sudah berhasil terdaftar sebagai calon kreditur Pegadaian. Lewat pengisian formulir, nantinya Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan proses pengajuan.

Formulir untuk cicil motor via Pegadaian bisa langsung diminta pada pihak Pegadaian dan isi sesuai dengan data yang ada secara lengkap.

3. Membayar DP Sesuai Kesepakatan

Setelah melengkapi semua dokumen persyaratan dan pengisian formulir, maka Anda wajib untuk membayar DP sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

DP atau uang muka yang harus Anda bayarkan setidaknya 10% dari total harga motor yang nantinya akan Anda beli.

Tanyakan terlebih dahulu secara detail mengenai harga, jenis kendaraan yang Anda inginkan, dan tenor yang bisa Anda ambil saat akan kredit motor.

Tujuannya agar Anda bisa menyesuaikan budget yang Anda butuhkan dan memenuhi kesepakatan yang telah pihak Pegadaian tentukan.

Apa Saja Kesalahan yang Terjadi Saat Melakukan Kredit Motor di Pegadaian?

Walaupun terlihat mudah untuk melakukan kredit motor lewat Pegadaian, namun terkadang ada saja kesalahan yang terjadi.

Oleh sebab itu, Anda harus mengenali berbagai kesalahan yang mungkin terjadi saat melakukan kredit motor untuk mencegah terjadinya kerugian.

1. Kurang Memperhatikan Tanggal Bayar

Kesalahan yang sering kali terjadi saat melakukan kredit motor yaitu tidak memperhatikan tanggal pembayaran dengan seksama.

Ketika mengajukan kredit motor, tentunya akan diberitahu mengenai jatuh tempo pembayaran yang harus dilakukan. Pihak Pegadaian akan memberikan denda bagi orang yang mengalami keterlambatan bayar kredit motor.

Oleh sebab itu, agar tidak menambah budget pembayaran, maka Anda harus benar-benar memperhatikan tanggal jatuh tempo sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Jangka Kreditnya Panjang

Setelah mengetahui cara kredit motor ini, maka Anda perlu menghindari untuk memilih jangka kredit yang panjang.

Jika kreditur memilih tenor yang panjang, maka artinya perlu membayar bunga setiap bulannya lebih banyak. Untuk bisa mendapatkan satu motor impian, maka kreditur harus membayar biaya yang lebih mahal.

Oleh sebab itu, perkirakan kondisi keuangan Anda sebelum memutuskan untuk mengambil kredit motor lewat Pegadaian ataupun leasing.

3. Tidak Menanyakan Waktu Pengambilan BPKB

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) nantinya akan Anda serahkan saat Anda sudah berhasil melunasi semua cicilan kredit.

Namun, tidak semua leasing atau Pegadaian memudahkan hal itu sehingga kreditur perlu menanyakan secara detail mengenai pengambilan BPKB.

Tanyakan kepada pihak Pegadaian atau leasing waktu pengambilan BPKB.

Jika memang sudah melunasi cicilan sesuai aturan, maka Anda bisa mencoba untuk terus menagih pengambilan BPKB agar tidak terselip atau hilang.

4. Tidak Menyediakan Asuransi Kendaraan

Hal ini sering kali dilupakan oleh semua kreditur motor yaitu tidak menyertakan asuransi kendaraan.

Walaupun memang asuransi bisa menambah biaya kredit tiap bulannya, namun setidaknya bisa melindungi kendaraan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penutup

Sudah paham mengenai persyaratan dan cara kredit motor ini? Walaupun terbilang mudah, cepat, dan DP ringan tetapi calon kreditur perlu cermat sambil memperhatikan kondisi keuangan.

Hal ini bisa menjadi indikator penting bagi kreditur untuk bisa melunasi cicilan tiap bulannya.

Tinggalkan komentar

close